PELANTIKAN SURVEYOR KADASTER BERLISENSI (SKB) WILAYAH KERJA SUMATERA BARAT DAN PENANDATANGANAN PKS KANWIL BPN SUMBAR BERSAMA BLK PADANG

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Surveyor Kadater (SK) dan Asisten Surveyor Berlisensi (ASK) Wilayah Kerja Sumatera Barat dan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat bersama Balai Latihan Kerja Padang (Selasa, 15 Mei 2018)

Bapak Sudaryanto, S.H., M.M. sebagai Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat melantik 44 (empat puluh empat) Surveyor Kadaster Berlisensi (SKB) yang terdiri dari 7 (tujuh) orang Surveyor Kadaster (SK) dan 37 (tiga puluh tujuh) Asisten Surveyor Kadaster (ASK) Wilayah Kerja Provinsi Sumatera Barat di Aula Maninjau Komplek Balai Latihan Kerja Padang di Bandar Buat Kota Padang. Dari 37 Asisten Surveyor kadaster yang dilantik, 20 (dua puluh) diantaranya adalah siswa Lulusan Pendidikan Juru Ukur di BLK Padang yang sebelumnya telah magang di beberapa Kantor Pertanahan dan telah lulus Ujian Lisensi sebagai Asisten Surveyor Kadaster (ASK).

Selesai pelantikan dan pengambilan sumpah SK dan ASK, dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama oleh Bapak Sudaryanto, S.H., M.M. selaku Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumatera Barat bersama Bapak Syamsi Hari, S.E., M.M. selaku Kepala Balai Latihan Kerja Padang. Perjanjian Kerja Sama ini adalah sebagai aplikasi dari Nota Kesepahaman antara Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dengan Kementerian Ketenagakerjaan Nomor : 1/NK/MEN/I/2018 dan Nomor : 1/SKB/I/2018 tentang Sinergitas Peningkatan Kerja Sama Bidang Pertanahan dan Pelatihan di Bidang Geomatika.

Dalam Perjanjian Kerja Sama ini disepakati Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Juru Ukur/Asisten Surveyor Kadaster dimana pihak Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumbar menyediakan tenaga pengajar, menyediakan tempat magang, memberikan lisensi sebagai Asisten Surveyor Kadaster terhadap peserta yang dinyatakan lulus ujian serta memfasilitasi sebagai mitra dalam kegiatan pengukuran dan pemetaan. Sedangkan Pihak BLK Padang menyediakan tempat pelatihan, peralatan pendukung  pelatihan, dan anggaran selama pelatihan.

Acara Pelantikan Surveyor Kadaster Berlisensi ini dihadiri Kepala Bagian Tata Usaha, Kabid Infrastruktur Pertanahan pada Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Barat, Direktur Politeknik Negeri Padang Surfa Yondri ST., SST., M Kom. Kabid Pelatihan dan Produktivitas Disnakertrans Sumbar Drs.Zudarmi, M.Si dan Kepala BLK Pekanbaru.

Dalam sambutannya Bapak Sudaryanto menyampaikan kerja sama ini akan terus di kembangkan bahkan akan diikuti oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pasaman Kantor Pertanahan dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Balai Latikan Kerrja dan Pemerintah Daerah setempat serta tidak menutup kemungkinan ikut melibatkan institusi lain seperti Politeknik Negeri Padang sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi.

Kepala BLK Padang menyampaikan BLK Padang siap menyelenggarakan pendidikan vokasi dengan menggunakan semua fasilitas yang ada di BLK Padang serta peralatan yang selalu diupdate model-model terbaru dan canggih terutama dalam bidang survey dan pengukuran.

Perjanjian Kerja Sama ini nantinya akan mencetak 1 (satu) orang petugas ukur setiap nagari sebagaimana Program Gubernur Sumatera Barat yaitu “Nagari PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap)”. Politeknik Negeri Padang melalui Direkturnya Surfa Yondri ST., SST., M Kom. siap mendukung dalam penyediaan tenaga pengajar dan peralatan yang dimiliki.

BPN.BPNWidgetBannerCekBerkas